Saturday 15 March 2014

Mengenal Lebih Dekat Tokoh Perbukuan Islam 2014

Didin Mengenal Lebih Dekat Tokoh Perbukuan Islam 2014

DENGAN penuh rasa hormat, Ikatan Penerbit Indonesia  (IKAPI) DKI Jakarta menetapkan Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, MS sebagai Tokoh Perbukuan Islam tahun 2014.

Didin dinilai sebagai seorang da’i dan pendidik, ceramah dan tulisan  Prof Didin menyejukkan, santun dan simpatik. Beliau adalah tokoh yang sangat peduli terhadap anak dan remaja, terutama menjaga moral para generasi penerus bangsa ini.

Beliau selalu memberikan tanggapan dan pendapat tentang berbagai isu yang menyangkut moral anak dan remaja. Salah satu suara keras beliau adalah ketika Menkes mengkampanyekan pekan kondom nasional.

Sosok yang lembut dan santun ini, dilahirkan di kota hujan Bogor, pada tanggal 21 Oktober 1951 dari pasangan Alm. K. Mamad Ma’turidy dan Hj. Neneng Nafsiah. Beliau merupakan anak ketiga dari sepuluh bersaudara.

Menyelesaikan pendidikan SMA pada tahun 1969. Di lembaga pendidikan tinggi beliau memilih Fakultas Syariah IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain pendidikan formal, beliau juga menjadi santri di beberapa pesantren di antaranya pesantren Ad-Dakwah Cibadak, pesantren Miftahul Huda Cibatu, pesantren Bobojong dan pesantren Cijambe di Cigunung, Sukabumi.

Selepas dari IAIN Jakarta, beliau banyak mengabdikan pengetahuannya di beberapa perguruan tinggi kota kelahirannya Bogor yaitu Institut Pertanian Bogor, Universitas Ibn Khaldun dan Universitas Islam Djuanda Bogor.

Gelar master dari Jurusan Penyuluhan Pembangunan Nasional diperoleh dari Fakultas Pascasarjana Institut Pertanian Bogor pada tahun 1987 dan melengkapi pendidikannya, pada tahun 2001 beliau berhasil meraih gelar Doktor di bidang Ekonomi Islam dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Publik mengenal beliau sebagai sosok pemimpin yang kerap melakukan terobosan di bidang ekonomi yang berbasis Islam, juga pengamal yang rajin menularkan pengetahuannya kepada umat yang lebih luas khususnya mengenai pengaturan dan penyaluran dana umat Islam secara lebih baik kepada mereka yang berhak.

Meski disibukkan dengan berbagai kegiatan yang menumpuk, di sela-sela waktu senggangnya beliau menyempatkan diri untuk mengaktualisasikan kemampuan bahasa dan menerjemahkan karya-karya besar yang dianggap sangat penting dalam pengembangan pengetahuan Islam yang aktual. Selain menerjemahkan, beliau juga menulis puluhan buku.

Sudah banyak karya yang beliau hasilkan, baik menerjemahkan maupun menulis buku. Sebagian besar buku-buku beliau banyak sekali menginspirasi umat Islam dalam manajemen zakat yang baik dan benar bagi umat.

Sampai saat inipun beliau tidak pernah berhenti berkarya demi umat. Kiprah nyata dan kontribusi positif yang diberikan telah menginspirasi dan memotivasi masyarakat muslim. Apa yang telah beliau lakukan adalah bagian dari  upaya memajukan dunia perbukuan Islam di tanah air.

Sumber : Islampos

0 comments:

Post a Comment

About

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...